Terapi Nursyifa : Pengobatan Secara Islami

Diposting oleh ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 00:10, 17-Jun-13

Di: Amalan Sholeh , Berita Kesehatan , Dzikir dan Doa , Dzikir dan Doa Nabi , Informasi Pengobatan



Oleh : Ustadz Ahmad Yani, SAg.

Definisi.

An-Nusyroh adalah bentuk mahsdar dari kata "Nasyaro" yang artinya menebarkan.

Firman Allah : "Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka putus asa, dan Dia tebarkan RahmatNya, dan Dialah Maha Pelindung lagi Maha Terpuji" (QS.Asy-Syura : 28).

> Lois Ma'lu : An-Nusyroh adalah Ruqyah yang mengobati orang yang sakit jiwa (gila) atau sakit-fisik.

> Abu Sa'adat : An-Nusyroh adalah bagian dari pengobatan Medis dan Ruqyah yang mengobati orang yang terkena sentuhan Jin.

> Ibnu Jauzi : An Nusyroh adalah melepaskan pengaruh sihir pada orang yang terkena sihir. Tidaklah seorang mampu melepaskan pengaruh sihir melainkan orang yang mengerti tentang sihir.

Dasar Hukum.


Nabi Saw ditanya tentang An-Nusyroh? Beliau menjawab : "An-Nusyroh adalah perbuatan Syaitan". ( HR. Abu Daud ).


Semula Nabi saw melarang mengobati dengan cara An-Nusyroh karena mengandung unsur syirik dan bersekutu dengan Jin dan Syaitan, tetapi kemudian beliau membolehkan jika An-Nusyroh dengan menggunakan ayat Al-Qur'an dan doa.

Metode Pengobatan dengan An-Nusyroh.


Berdasarkan definisi di atas dapat kita rangkum An-Nusyroh adalah pengobatan dengan cara medis dan Ruqyah yang mengobati orang yang terkena pengaruh sihirdan sentuhan Jin dan Syaitan yang mempengaruhi fisik dan mental.


Jadi mengobatan dengan cara An-Nusyroh ada dua cara:

1. Pengobatan dengan Cara Medis.

Pengobatan dengan cara medis dengan menggunakan ilmu kedokteran atau dengan ramuan yang mengandung obat untuk menyembuhkan penyakit.
Madu dan Buah-buhan.

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan bagi mu. Dan dari perut lebah itu keluar minuman (Madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya ada obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan" (QS. An-Nahl : 69)

Susu Murni.

"Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Kami memberi mu minum dari apa yang berada dalam perutnya berupa susu yang bersih antara kotoran dan darah yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya" (QS. An-Nahl : 66)

Korma Ajwa ( Korma Nabi ).

Korma adalah salah satu buah yang sering nabi anjurkan untuk mengkonsumsinya terutama bagi orang yang berbuka puasa, karena korma mengandung zat gula yang baik untuk pertumbuhan badan, ada korma khusus untuk pengobatan yaitu

Korma Ajwa.

Nabi Saw bersabda: "Korma Ajwa adalah obat dari segala penyakit"

2. Pengobatan dengan Cara Ruqyah.

Ruqyah adalah bentuk tunggal dari kata Ruqo artinya jampi-jampi maksudnya jampi-jampi dengan menggunakan bacaan atau mantra untuk menolak pengaruh sihir dan godaan Syaitan dan Jin yang mempengaruhi fisik dan mental manusia.

"Tidak ada Ruqyah kecuali untuk melepaskan pengaruh mata (sihir) dan sengatan hewan berbisa" (HR. Ahmad, Abu Daud dan Attirmizi)


Dari Auf bin Malik berkata : ''Kami pernah me-Ruqyah seorang pada zaman Jahiliyah, kemudian kami bertanya : Wahai Rosullulloh bagaimana menurut pendapat Mu tentang yang demikian? Maka Nabi bersabda : Jelaskan kepada Ku tentang Ruqyah kalian. Tidaklah mengapa Ruqyah yang tidak ada unsur syirik" (HR. Muslim)

Bacaan untuk Me-Ruqyah :

1. Istia'dzah ( Mohon perlindungan ).

"Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" (QS. Al A'rof : 200).

Secara langsung Al-Qur'an tidak menjelaskan lafadz-lafadz yang dipakai untuk perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan tetapi kemudian Nabi mengajarkan beberapa lafadz yang dibaca untuk berlindung kepada Allah dari godaan syaitan antara lain :

*. A'udzu bIlahi minasysyaithonir-rojim
*. A'udzu bIlahis-sami'il alim minasysyaithonir-rojiim
*. A'udzu bikalimatIlahit-taammaati minsyarrimaa kholaq
*. A'udzu bikalimaatIlahit-taammaati min godhobihi waI'qobihi wasyarri ibadihi wamin hamazaatisy-syayaathini wa-ayyahdhuurun
*. A'udzu biIzzatIlahi waqudrotihi min syarrimaa ajidu wa-uhajiru
*. A'udzu bIlahi minasyyaithonir-rojim min hamzihi wanafkhihi wanaftsihi


2. Ayat Al-Qur'an.

Pada hakikatnya semua ayat Al-Qur'an dapat di jadikan sebagai pelindung orang-orang yang beriman dari segala godaan syaitan dan sebagai obat dari segala penyakit akan tetapi ada beberapa ayat atau surat tertentu yang di ajarkan Nabi yang dapat di jadikan sebagai Ruqyah untuk menangkal penyakit yang di sebabkan oleh pengaruh sihir atau godaan Syaitan dan Jin.

"Dan apabila kamu membaca Al-Qur'an niscaya kami adakan antara kamu dan antara orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat suatu dinding ( pelindung ) yang tertutup" ( QS. Al Isra : 45 ).


"Dan kami turunkan dari Al-Qur'an itu sebagai Penyembuh dan Rahmat bagi orang-orang yang Mukmin, dan ia ( Al-Qur'an ) tidak menambah bagi orang-orang yang zhalim melainkan kerugian" ( QS.Al Isra : 82 )

*. Al Muawwidzatain (An-Naas dan Al Falaq)
*. Al Fatihah
*. 4 ayat diawal surat Al Baqarah
*. Al Baqarah ayat 163 dan 164
*. Ayat Kursi (Al Baqarah : 255)
*. 3 ayat diakhir surat Al Baqarah
*. Ayat pertama surat Ali Imran
*. Ali Imran ayat 18
*. Al A'raf ayat 54
*. Al Mu'min ayat 116
*. Al Jin ayat 3
*. 10 ayat diawal surat Ash- Shoffat
*. 3 ayat diakhir surat Al Hijr
*. Yunus : 81
*. Al Anbiya : 70
*. Al Furqon : 23
*. Al A'rof : 118-119


3. Doa Mohon Kesembuhan.

Banyak sekali doa untuk perlindungan dari syaitan dan kesembuhan penyakit yang ada di dalam Al-Qur'an atau yang di ajarkan oleh Nabi, disini kami ungkapkan beberapa doa yang diajarkan oleh Nabi:

*. BismIlahi turbatu ardhinaa biriiqoti ba'dhina yasyfibihi saqiimana bi-izni robbina

*. Allahumma Robban-naas Azhibilbaas Isyfi antasysyaafii Laasyifaa-a Illaa syifaa-uka Syifaa-an laayugoodiru saqoman.

*. Amsahil baas Robbannaas Biyadikasy-syifaa Laa kaasyifalahu Illaa anta


Tata-cara Me-Ruqyah.

"Setiap penyakit itu ada obatnya, jika tepat obatnya maka penyakit akan sembuh dengan izin Allah 'Azza wa Jalla" (HR. Muslim).


Firman Allah : "Jikalau Allah menimpakan bahaya (penyakit) kepadamu maka tidak ada yang dapat menghalanginya selain Dia dan jikalau Allah menghendaki kebaikan untukmu maka tidak ada yang dapat menghalangi Nya, kebaikan itu diberikan olehNya kepada orang yang di kehendaki dari hamba-hamba Nya. Dialah YangMaha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. Yunus: 107)

Tidaklah semua orang dapat di sembuhkan dengan Ruqyah Al-Qur'an atau doa-doa yang di ajarkan oleh Nabi, apabila jiwanya tidak di isi dengan ke-yaqin-nan dan penuh pasrah kepada Allah serta tidak menyimpang dari ketentuan Ruqyah.

>Di bacakan dan di tiupkan pada kedua telapak tangan kemudian di usapkan pada anggota badan mulai dari kepala, muka, bagian depan badan dada dan seterusnya.


Hadits dari A'isyah : ''Bahwasanya Nabi saw apabila berbaring di tempat tidur maka Ia gabungkan kedua telapak tangannya, kemudian ditiupkan pada keduanya sambil membaca "Al Muawwidzat" (Al Ikhlas, Al Falaq dan Annas) lalu beliau mengusapkan kedua telapak tangan mulai dari bagian kepala, bagian muka dan bagian depan badan hingga tubuh yang dapat di jangkau. Beliau kerjakan tiga kali.''


A'isyah berkata : "Tatkala aku merasa sakit maka beliau menyuruh aku mengerjakan seperti ini" (HR. Bukhari-Muslim)

> Di bacakan pada ibu jari kemudian di tempelkan pada bumi lalu ibu jari di letakkan pada anggota tubuh yang sakit.

Hadits dari A'isyah : ''Bahwasanya Nabi Saw apabila ada seorang merasa tubuhnya ada yang sakit maka beliau meletakkan ibu jari Nya pada tanah kemudian di angkatnya sambil membacakan doa : "BismIlahi turbatu ardhinaa Biriiqoti ba'dhinaa Yusqoobihi saqiimunaa Bi-izni robbinaa" (HR. Bukhari dan Muslim)

> Mengusapkan tangan pada anggota yang sakit sambil membaca Ruqyah.

Hadits dari A'isyah : ''Bahwasanya Nabi Saw pernah mendoakan salah satu kelarganya yang sakit dengan meletakkan tangan kanannaya (pada tubuh yang sakit) sambil membaca : "Allahumma robbannaas Azhibil baas Isyfiantasysyafii Laa syifaa-a illaasyifaauka Syifaa-an laa yugoodiru saqoman" (HR. Bukhari dan Muslim)

> Di bacakan Ruqyah pada bejana yang berisi air dan di tiupkan ke-dalamnya kemudian menyuruh penderita untuk meminumnya atau mandi dengan air tersebut.

Hadits dari A'isyah : ''Ia pernah membawa air zamzam kemudian ia memberitahu (kepada para shahabat) bahwasanya Rosululloh Saw membacakan doa pada air zamzam yang ada dalam bejana dari kulit lalu beliau menuangkan air itu pada gelas dan meminumkannya kepada orang-orang yang sakit" (HR. Muslim).

"Dan Allah menurunkan kepadamu air hujan dari langit untuk menyucikan kamu dengan hujan itu menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan Syaitan dan untuk menguatkan hati mu dan mempertaguh dengannya telapak kaki mu (pendirianmu)" (QS. Al Anfal :11)

Di dalam Islam bersuci ada dua bagian :

pertama bersuci yang bersifat lahiriyah yaitu bersuci badan dari hadats dan najis dengan air muthlak dan

kedua bersuci yang bersifat bathiniyah yaitu menjauhkan diri dari sifat-sifat yang buruk yang di sebabkan oleh pengaruh Syaitan.

Cara Meminum air Zam zam atau air Asma :

*. Meminum air dengan niat untuk kebaikan dunia dan akhirat
*. Menghadap kiblat ketika hendak meminum
*. Membaca shalawat untuk Nabi saw
*. Membaca Basmalah
*. Membaca doa.
*. "Allahumma inni as-aluka ilman nafi'an warizqon wasi'an wasyifa'an min kulli da'in"
*. Tiga kali nafas ketika meminum
*. Minum sampai rasa haus hilang
*. Setelah minum kemudian air diusapkan pada kepala, muka dan dada tiga kali.


Penyakit yang Dapat Di sembuhkan dengan Ruqyah.

> Perintah untuk Berobat :
"Sesungguhnya Allah Ta'ala tidaklah menurunkan suatu penyakit, kecuali Allah telah menurunkan pula obatnya, baik obat yang telah diketahui oleh orang maupun yang belum diketahuinya, kecuali mati" (HR. Al-Hakim)


"Berobatlah wahai hamba-hamba Allah karena sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan suatu penyakit, kecuali telah diturunkan pula obatnya, selain penyakit yang satu yaitu penyakit tua (pikun)" (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

> Perintah Konsultasi kepada Ahli Pengobatan :

"Maka pertanyalah kepada orang-orang yang mempunyai keahlian jika kamu tidak mengetahui" (QS. An-Nahl : 43)


"Katakanlah : Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya (propesinya)" (QS. Al Isra : 84).

Nabi Saw bersabda : "Obat segala kesulitan adalah bertanya (konsultasi)"

> Larangan dalam Berobat :

Berobat kepada yang bukan Ahlinya :
"Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu ke dalam kebinasaan dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik" (QS. Al Baqarah:195).


Nabi Saw bersabda : "Apabila sesuatu perkara di serahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya"

Berobat dengan Sesuatu yang Dilarang Allah :

"Sesungguhnya Allah Ta'ala tidaklah menjadikan obat untuk penyembuhanmu padahal-hal yang diharamkan atasmu" (HR. Aththabrani).

Meskipun berobat itu di perintahkan agama tetapi penggunaan obat dibatasi pada hal-hal yang halal.

Jadi tidak dibenarkan menjadikan sesuatu yang haram menjadi obat, seperti berobat dengan meminum darah atau minuman keras atau berobat dengan memakan makanan yang di haramkan Allah.

''Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika di sembelih) di sebut nama selain Allah" (QS. Al Baqarah : 173)

I. Penyakit Fisik.

Sebab-sebab Penyakit terdiri dari Dua Golongan :


*. Sebab-sebab dari dalam ialah kelainan-kelainan dari tubuh sendiri yang pada umumnya tidak diketahui dengan jelas apa sebabnya.
*. Sebab-sebab dari luar ialah segala sebab yang asalnya dari luar.


Hal ini dapat dibedakan menjadi enam macam:

*. Sebab Mekanis, seperti luka terkena benda tajam atau tumpul, kena tembak atau terjatuh.
*. Sebab Fisik, seperti terkena api atau benda panas, terkena aliran listrik, disambar petir
*. Sebab Kimia, seperti keracunan.
*. Sebab jasad Renik atau Makro, seperti bakteri, virus, serangga atau cacing-cacing.
*. Sebab kekurangan unsur tertentu dalam konsumsi, seperti vitamin, mineral, yudium.
*. Sebab kejiwaan, seperti kesusahan, trouma, ketakutan.


Mengobati penyakit fisik lebih dominan menggunakan medis atau ilmu kedokteran tetapi tidak menjamin untuk sembuh maka solusinya banyak pasien yang datang untuk berobat Atternatif seperti Terapi, Reflexsiologi, Ruqyah atau lainnya

II. Penyakit di sebabkan Pengaruh Sihir, Syaitan atau Jin.


*. Sihir perceraian
*. Sihir guna-guna
*. Sihir Hipnotis
*. Sihir gila
*. Sihir lesu
*. Sihir suara panggilan
*. Sihir penyakit
*. Sihir pendarahan
*. Sihir menghalangi sesuatu ( Rejeki, tamu, keinginan beribadah, dll. )
*. Sihir mandul atau susah hamil


Pengobatan Islam An Nusyroh, Ruqyah, Istia'dzah, dll.
Silahkan Berobat dengan Terapi NurSyifa', telah terbukti banyak yang Sembuh. Mengobati Sejak Tahun 1984.

Sumber : Terapi Nursyifa'
http://www.pengobatan.com/khazanah_islamiah/an_nusyroh.html

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

50 tanggapan untuk "Terapi Nursyifa : Pengobatan Secara Islami"

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 07:51, 17-Jun-13

Pengobatan Secara Islami

http://roadtohell.mywapblog.com/pengobatan-secara-islami.xhtml

pangeranrendy pada 08:19, 17-Jun-13

Keren sob postingannya......


Visit: http://narutos.faa.im

Ahmad Whydoerie pada 08:23, 17-Jun-13

Post yg manfaat, lanjutkan trs dakwah tertulis,
silaturahmi ke blogku yuk!

agungredking pada 08:29, 17-Jun-13

wew Pengobatan islami emng ampuh shob biggrin

kidzib pada 08:54, 17-Jun-13

Kira2 ane bisa ga merukiyah ya?

fatur99 aie93 pada 09:13, 17-Jun-13

hadir sob

FIYUFA pada 09:48, 17-Jun-13

nice post gan
Mampir ya

Janita Janet - Direject
http://fiyufa.mywapblog.com/janita-janet-direject.xhtml

Edy Prasetyo pada 10:23, 17-Jun-13

Pengobatan islami yang dianjurkan nabi,.dan sebagai seorang islam kita harus mengikuti sunnah beliau Nabi Muhammad SAW,.semoga kita semua diberikan kesehatan.,aamin yarobbal alamin

http://edykecil.mywapblog.com/apakah-alexa-rank-itu.xhtml

Moh Shodhiq pada 10:33, 17-Jun-13

pengobatan scra islami jg mnjur bhkan mlebihi medis.

Moh Shodhiq pada 10:34, 17-Jun-13

mlebihi medis.

Cimamb Muttaqient pada 10:40, 17-Jun-13

terimakasih atas info doa" nya bung... insyaallah bermanfaat.., AAMIIN

Cimamb Muttaqient pada 10:42, 17-Jun-13

terimakasih atas info doa" nya bung... insyaallah bermanfaat.., AAMIIN

Cyber Rawagede pada 10:45, 17-Jun-13

Pertama x ,,,,,
Bguna sngat nih ,,,
tabib alami lbih ampuh ,,,

attazy pada 10:46, 17-Jun-13

gak pernah liat secara live ak pak..

internet gratis pada 10:46, 17-Jun-13

wah mantap sob bolgnya...

Sinyo pada 10:48, 17-Jun-13

makasih info'a mas

Khafifi Totti pada 11:33, 17-Jun-13

keren sob artikelnya,
terimasih udah berbagi info yg sangat bermanfaat biggrin

Imam Febriana pada 12:01, 17-Jun-13

manap infonya biggrin

Rohendi Akatsuki pada 12:14, 17-Jun-13

mau donk master di obtn hti sya . he

тяιиιđαđ вυđιмди pada 12:43, 17-Jun-13

penyakit yang susah disembuhkan bukanlah penyakit raga melainkan penyakit hati.. Semoga hati kita tidak ternoda oleh hal hal buruk yang membuat kita menuju neraka

Hifniy choir amin pada 12:43, 17-Jun-13

makasih atas ilmunya???

Dan maaf telat berkunjung... Salam

G Dhe Einstein pada 12:51, 17-Jun-13

Nice artikel Broooo, biggrin

Cipo Welahans pada 12:52, 17-Jun-13

hadir bro,
kurma najwa blum pernah mkan gan

Kumpulan Link pada 12:56, 17-Jun-13

infonya nambah ilmu maz bro..

NetComSys pada 13:25, 17-Jun-13

Ijin save ya brader. Info ini berguna buatku biggrin

Kang Taqwim Sang Inspirasioner pada 13:30, 17-Jun-13

bermanfaat skali gan

Sableng pada 13:33, 17-Jun-13

BID'AH BID'AH BID'AH DUKUN SESAT LU!! SAMPAH!!

WAHABI KEPARAT BANGSAT!! GUE HANCURIN LOE IBLIS BERKEDOK ISLAMI!!

ALLAHU AKBAR!! ALLAHU AKBAR!! INGET ITU!! GW BAKAL HANCURIN!!

M Pendi Pradana H pada 13:34, 17-Jun-13

Wow keren

pahli yani pada 13:59, 17-Jun-13

pengobatan

Jangan lupa kunjungi juga blogku yah..

Sacred Warrior Huskar WongBONGOS II pada 14:15, 17-Jun-13

mantap postnya gan , nice jangan lupa ya kunjungan baliknya di http://bongos2newbie.mywapblog.com

BIJU pada 14:20, 17-Jun-13

Great article with excellent idea! I appreciate your post. Thanks so much and let keep on sharing your stuffs

Bagusimple pada 15:00, 17-Jun-13

hmm jadi gitu ya sob...
nice post

ama polbeknya sob d tungguin smile

kangerbete pada 15:01, 17-Jun-13

Wow keren sob postinganya sampai lelah bacanya nih. kunbal dong di blogku,

Mario Sharapoviç pada 15:28, 17-Jun-13

sip jangkrik bos.

DOWNLOAD SMADAV 9.3.1 JUNI 2013 pada 15:33, 17-Jun-13

Nyimak gan... Maaf nih. Saya baru bs bkunjung lg...!! Semangka!!!

MaCaN stRez pada 15:36, 17-Jun-13

Met rehat gan,,, jangan lupa mandi biggrin Huahahay



http://macanstrez.heck.in/cara-dasar-mengamankan-data-penting-pasc.xhtml

MaCaN stRez pada 15:36, 17-Jun-13

Met rehat gan,,, jangan lupa mandi biggrin Huahahay



http://macanstrez.heck.in/cara-dasar-mengamankan-data-penting-pasc.xhtml

TerbiT pada 15:49, 17-Jun-13

Nyimak kembali...

Dangdut Koplo Terbaru 2013 pada 15:52, 17-Jun-13

°˚˚°ºmƏŋtaªªÞss≍º°˚˚°°˚˚°ºmƏŋtaªªÞss≍º°˚˚ Sob... Sangat Bermanfaat bangeett...


http://dangdutkoplo.heck.in

full seo sembilan pada 16:02, 17-Jun-13

benar kata mas trinidad penyakit hati paling susah di sembuhkan..

KACANGOTHIC pada 16:19, 17-Jun-13

hadir lurr
thanks ilmunya lurr

Blog Jadul pada 16:22, 17-Jun-13

kalau yg di tv kayak acara dua dunia tu termasuk ruqyah jg gak mas?

Ryan Cyber Blog pada 16:24, 17-Jun-13

absen lagi mas...

Artikelnya tentang islami benar2 mantav...

http://wonosarizone.mywapblog.com/symbian-aplikasi-pynavibar-s60v3-by-marn.xhtml

Intan Baiduri pada 17:22, 17-Jun-13

Assalamu'alaikum mastah

artikel yg sngat bermanfaat,mksh mast

Miftah Farid pada 14:30, 18-Jun-13

Nice post

http://miftahfarid.heck.in/video-kartun-angry-birds-super-lucu-kump.xhtml

Miftah Farid pada 14:30, 18-Jun-13

Nice post

http://miftahfarid.heck.in/video-kartun-angry-birds-super-lucu-kump.xhtml

Ruki pada 15:38, 18-Jun-13

Waw, mantap nih

status88 pada 17:32, 18-Jun-13

dahuli aku juga pernah sob. baca ayat yng ada di surah al-fathihah di tiupkan ke air lalu diminum.

wasengrbn pada 10:55, 28-Jun-13

biggrin
hadir

aris feri pada 22:57, 31-Jul-13

Ijin save, dan bisa dicoba nih kalau ada keluarga yang sakit bisa di ruqyah hehehe

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

Silakan masuk untuk berkomentar